Selasa, 08 Maret 2016

Siap Tempur : Ujian Sekolah 2016


Mulai hari ini senin 7 Maret hingga 15 maret 2016, seluruh sekolah menengah atas di Indonesia mengadakan ujian sekolah untuk kelas XII, tidak terkecuali SMA negeri 74 Jakarta yang berlokasi di bilangan Pondok Indah Jakarta Selatan. Dalam ujian sekolah tahun ini ada sekolah yang mengadakan dengan paper test seperti biasanya dan ada sekolah yang mengadakan ujiannya dengan berbasis komputer (Computer Based Test).

Untuk hari pertama, mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa indonesia dan pendidikan agama dengan durasi 90 menit. Pada jam pertama, bahasa indonesia dan mata ujia jam kedua pendidikan agama. Hari pertama dimulai dengan pengarahan tim kesiswaan dilanjutkan dengan sholat dhuha bersama, sementara guru-guru mengikuti briefing yang dipimpin oleh kepala sekolah, Dra. Markorijasti MSi.


Rangkaian Kegiatan Ujian Sekolah

1. Menyambut siswa di gerbang sekolah

Seperti hari-hari biasanya, ada guru-guru yang bertugas menyambut siswa di depan pintu gerbang sekolah. Hal ini sudah tradisi dan kebiasaan di sekolah yang berlokasi dilingkungan kostrad untuk menyambut dan menyapa penuh kehangatan setiap siswa yang datang pada pagi hari sebelum jam belajar dimulai. Dengan menyambut siswa di depan gerbang diharapkan terjalin komunikasi kecil yang justru membangun keakraban dan silaturahim yang baik dengan diawali pertemuan, kontak mata, ucapan ringan sekedar apa kabar, selamat pagi atau assalamu alaikum sambil mengecek kerapihan dan kesiapan siswa menghadapi dan menjalani ujian sekolah hari itu.






2. Pengarahan dan Sholat Duha
Sebelum memulai ujian sekolah siswa dikumpulkan di masjid Al Maarif untuk mendapatkan pengarahan terkait ketertiban pelaksanaan ujian sekolah dari tim kesiswaan, pengarahan disampaikan oleh Ibu Dra. Vivi Hafidzah selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Selanjutnya, siswa dengan bimbingan guru agama, Bapak Haji Dhabas Rakhmad melakukan sholat duha dua rakaat menjelang bel berbunyi.

3. Briefing Pengawas

Pada saat siswa mendapatkan pengarahan, kepala sekolah menyelenggarakan briefing kepada para pengawas terkait tugas-tugas guru dalam melaksanakan pengawasan ujian sekolah dan hal-hal lain yang berhubungan langsung dengan ujian sekolah. Secara bergantian dengan kepala sekolah, wakil bidang kurikulum Bapak Drs. Slamet Wibowo MPd. menjelaskan teknis pelaksanaan ujian sekolah kepada guru-guru.

 



 4. Pelaksanaan Ujian Sekolah


Pada hari pertama ujian sekolah terdapat beberapa kendala teknis seperti pengawas ganda pada satu orang guru, namtag pengawas yang belum tersedia untuk seorang guru dan kode ruang/kelas serta kode soal serta nomor peserta yang berbeda. Selebihnya pada jam ujian kedua seluruh nya sudah teratasi dengan baik. Siswa-siswa juga mengikuti ujian sekolah dengan nyaman dan tenang.

Selamat menempuh ujian sekolah semoga mendapatkan hasil yang terbaik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

18 PEJUANG SNMPTN 2017