Senin, 11 April 2016

APA KATA MEREKA : OSJAR 2016

Berikut wawancara via line antara admin dengan beberapa siswa yang mengikuti OSIS BERPIJAR 2016, di SDN 02 Cinagara dan TPA Musholah Al Musyafirin desa Cinagara Kabupaten Bogor Jawa Barat pada tanggal 4 -6 April 2016. Admin tidak menambahi atau mengurangi hasil wawancara tersebut, ditulis apa adanya sesuai yang ditulis oleh mereka sebagai nara sumber.

Natasha Luviena,
Jadiii, selama 3 hari sebelumnya, 2 hari kami diisi dengan ngajar di SDN 02 Desa Cinagara. Awalnya, semuanya bener2 panik&ragu-raguu buat ngajar, krn takut salah dll gitulahya... tapi setelah nyaman&ngeliat anak2nya ramaaahhh banget, kami bawa asik aja cara ngajarnya, kami bikin games2 seru, ngeliat mereka seneng krn bisa refreshing jugaaa. Tapi yang berkesan banget buat saya, secara pribadi, justru mereka yang ngajarin saya sesuatu yang gak semua orang bisa ngalamin.. mereka ngajarin saya, bahwa kita bisa berasal dari mana aja, berkelebihan atau tidak bukan masalahnya, tapi cara kita menyikapinya. sudut pandang kita ke dunia kita masing-masing.
Natasha Luviena, kelas XI IPA 2

gak perlu dari Jakarta untuk bisa ngajarin orang lain. gak perlu ke luar negeri untuk nunjukin bahwa kita sukses.

juga, kami bisa lihat dari mata seorang guru yang tujuannya memang murni. murni. murni. hanya ingin mengajar kami, untuk bisa jadi generasi yang, istilah kasarnya, gak malu-maluin.. yang tau harus ngapain di situasi mendesak.. yang bisa megatasi masalah apapun dengan bersama.. yang bisa belajar mengerti satu sama lain dan seorang guru harus bisa menjadi panutan bagi murid-muridnya.. yang, aslinya, kami belum tentu lebih baik dari anak-anak itu. jadi, proses pengajaran di SDN 02 Desa Cinagara sangaaatt mengesan dan hal ini harus dibudidayakan, harus diteruskan. Supaya kegiatan seperti ini dapat menunjukkan bahwa seluruh anak-anak berhak mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi mereka dan orang lain.



Rajabanisa,
Rajabanisa, kelas X MIA 2
Seru banget pak anak" tpanya pada antusias sama semangat bgtt ramah" pula, dan setiap ketemu saya yg pas ngaji atau ketemu di jalan dia cium tangan, dan ciumtangannya itu bener" di bibir sampe basah tangan saya ahahahah. Walau terkadang saya bingung mereka ngomong apa tapi untungnya kita bisa
komunikasi dengan baik pak ahahaha. Dan yang pas hari terakhir ngajar, pada saat saya ngomong kalo besok udah ga ngajar lagi mereka semua ikut sedih dan saya pun ikut sedih huhuu, dan ada satu anak ngomong ke saya "kakak di sini aja, klo ada kakak ngajinya jadi lebih seruu" terharu mendengarnya saya pakk. Dan biar mereka ga sedih yang pas perpisahan kita bagi"in permen dehhh.
Pengalaman yang sangat menyenangkan dan tidak mau saya melupakan memori ini :')




Aprilia. Ketua Panita
kesannya indah bgt berkat usaha,kerjasama, semangat,dan kerativitas panitia dgn SMA74 3 hari kemarin itu terasa indah bgt...
paling seru pas lg mau perpisahan sm murid2 di SD desa cinaraga pak,mereka sampe nangis kejer waktu kita bilang ini hari terakhir ngajar
terus saya seneng bgt sama anak2 disana baik di SD atau di TPA,meskipun fasilitasnya kurang memadai tp semangat mereka itu ngelebihin semangat kita yang udh SMA.. jalan berkilo-kilo meter ga ada bandingannya dgn semangat mereka.
mereka anak2 yg patuh,disuruh nanya mereka nanya,disuruh jawab mereka rebutan mau jawab..
untuk di TPA sendiri ada kesulitan karna hanya sebagian anak2 yg ngerti bhs indonesia,selebihnya ga ngerti bhs indonesia..
Aprilia, Ketua panpel OSJAR, Kelas X IIS 2
tp tetep hebat deh,mereka blm terkontaminasi sm budaya barat yg parah
terus pas baksos jg berjalan lancar ditambah masyarakat disana yg ramah2 bgt,murah senyum meskipun ga saling kenal
lalu buat jelajah alam.. kita jalan mungkin kurang lebih 10km,trek nya yg terjal,susah deh dijelasin pak wkwk kaya di hutan gt,nyebrangin kali dgn arus yg deras bgt.. tp ketika sampai di air terjunnya beeehhhhhh ilang semua capek nya,indahhhhh bgt..
tapi saya prihatin dgn air terjun di desa itu,banyak pengunjung yg ninggalin sampah,terus pemerintah disitu padahal sudah melokalisasikan air terjun itu buat tmpt wisata ..
sayangnya itu hanya kata2 di spanduk aja ,pemerintahnya ga berinisiatif buat bikin trek/jalan ke arah air terjun itu..jd kan pengunjung biar merasa aman pas jalan mau kesana,soalnya emg trek ke air terjunnya rada bahaya
terus menurut saya 3 hari itu kurang bgt pak wkwk.. 
sayur asem buatan ibu yg jaga saungnya jg enak bgt... wkwk
ada sedikit kelemahan di panitia,yaituuu masih ada yg mikirin kepetingan pribadinya dahulu padahal itu lg kegiatan bersama,masih ada yg nyerobot job temennya jd sedikit ga terkendali,itu aja sih pak
BANGETTT,nih anak SD nya udh 4 org smsin saya mulu wkwk

Fauziana Hilda,

Menurut saya seru banget pak menjadi pengalaman tersendiri buat saya, di sana anak anaknya pinter pinter,baik dan ramah juga sopan . Saya banyak belajar dari mereka pak dari mereka yang kesederhanaan mereka, apa lagi kalo saya mau berangkat ngajar tuh mereka walaupun jarak rumah ke sekolah jau mereka ga pernah mengeluh mereka tetap tertawa dan semangat. Canda tawa mereka bagi saya seperti penyemangat saya dipagi hari saat ngajar. Kebahagiaan yang sederhana yang mereka berikan ke saya, sapaan mereka, tanggisan mereka itu bikin saya rindu pak.
Fauziana Hilda, kelas XI IPS

Banyak dari mereka yang cerita ke saya tentang perjalan, cita cita dan impian mereka seperti siswa kelas 2 misalnya saya bertanya cita citanya dia mau jadi orang sukses kayak kakak kakak osis di jakarta dia mau jadi orang nomer satu pak di indonesia katanya. Dari masyarakat sekitar juga saya banyak belajar orang orang di sekitar cinagara ramah baik dan sopan juga pak. Kegiatan seperti ini bagus banget pak buat di jadiin contoh buat osis sekolah lain untuk membangkitkan semangat pemuda biar lebih bangkit lagi untuk membawa nama baik sekolah, dan menambah pengalaman untuk kedepannya yang lebih baik
Saya berharap untuk mereka supaya menjadi anak yang berguna bagi bangsa, agama dan negara dan juga mimpi dan cita cita mereka dapat tercapai.
 Iyaa pak hehe disana anak anaknya antusias banget sama siapapun yang ngajar bahkan kata mereka lebih ngerti yang ngajar kakak osisnya dari pada gurunya 😄 banyak cerita yang mereka bagi ke saya ada yang mau sekolah bantu bapaknya dulu ngurusin sawah ada juga yang sambil bantuin ibunya jualan dikantin sekolah.. asik banget pak hehehe

Kezia, kelas X MIA 1
Kezia,

jadi pak pas saya ngajar di kelas satu kan masih pada kecil ya pak, tapi mereka friendly sekali, dan baik baik semua
sampai sampai mereka kebablasan ngomong pake bahasa sunda
saya gangerti pak
nah kalo di kelas 3 itu mereka pada saat perpisahan nangis semua pak
trus pada saat kasih kesan dan pesan suratnya lucu lucu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

18 PEJUANG SNMPTN 2017