Minggu, 12 Juli 2015

Pemanfaatan Blog sebagai Media Belajar

Sebagai salah satu media belajar berbasis telnologi informasi, blog masih jarang dimanfaatkan baik oleh guru maupun siswa. Padahal blog sangat membantu kegiatan belajar mengajar di kelas.

Apa sih blog itu?
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Blog).




Fungsi Blog
Fungsi dari sebuah blog bermacam - macam, hal ini tergantung dari keinginan para pembuatnya, kebanyakan blog banyak digunakan untuk catatan harian dan media publikasi untuk kampanye atau bisa juga untuk penyebaran program - program sebuah perusahaan. banyak dari blog yang juga menyediakan fasilitas interaksi dari para pengunjung blog tersebut misalnya, buku tamu dan komentar. sehingga dapat membuat blog tersebut hidup dan bisa sebagai ajang diskusi dan tanya jawab.

Blog Sebagai Media Belajar
Pemanfaatan blog sebagai media belajar pada era informasi kini sangat membantu proses belajar mengajar di kelas.Bagaimana sebuah blog dapat membantu guru dan siswa dalam belajar? Guru dapat memulainya dengan memberi contoh blognya, bagaimanacara membuatnya dan menulis di blog yang dibuat mereka. Bahan ajar yang diperlukan oleh guru dapat ditulis dan dipublish diblog guru termasuk tugas-tugas yang dapat dikerjakan secara online. Memang membutuhkan waktu khsusu untuk membuat bahan ajar diblog. Tetapi percayalah akan membuat anda ketagihan menulis sebagai efek sampingnya.

Dengan blog guru dan siswa dapat memanfaatkannya untuk berdiskusi baik secara klasikal mauun kelompok, bahkan dapat sebagai bahan tutor sebaya. Manfaat lain seperti pejelasan di atas, guru menjadi rajin menulis. Bisa dibayangkan seorang guru bahasa apapun bahasanya, tetapi guru tersebut tidak dapat memberi contoh kepada siswanya bagaimana menulis yang benar dan baik.

Dibawah ini kegiatan belajar mengajar mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan blog sebagai media belajar dengan meode tutor sebaya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

18 PEJUANG SNMPTN 2017