Sabtu, 25 Juli 2015

Pembukaan Masa Orientasi Siswa Baru


Semua sekolah sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan masa orientasi siswa baru pada tahun pelajaran 2015/2016. Seperti telah mentradisi bahwa setiap siswa harus melalui proses masa orientasi ini. Kegiatan ini adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mensosialisasikan kegiatan belajar mengajar disekolah, visi misi sekolah dan kegiatan pendukung lainnya/ Kini kegiatan yang bersifat orientasi ini yang dahulu dikenal dengan sebutan MOS telah berubah nama menjadi MOPDB. Istilahnya saja berbeda tetapi tujuan dan esensi acaranya tetap sama. 

MOPDB di sman 74 kali ini telah berubah orientasinya menjadi kegiatan yang bersifat motivatif dan membangun kebersamaan untuk berprestasi. Kegiatan yang biasanya menjadi agenda tahunan ini sudah tidak lagi mencerminkan perploncoan. Tetapi kegiatan ini telah beruybah bentuk menjadi kegiatan yang menumbuhkembangkan kreatifitas siswa. Materi kegiatan lebih mengarah bagaimana siswa termotivasi untuk terus berprestasi dan mempertahankan prestasinya disekolah sebelumnya. 

   








Masa orientasi ini berlangsung mulai tanggal 25 - 31 Juli 2015 dengan rangkaian acara yang dikelola secara ketat pegaturan waktunya dan diharapkan dapat menyenangkan siswa-siswa yang mengikutinya. Peserta dibagi dalam 7 ruang sesuai ruang saat placement test dan didampingi oleh kakak kelas yang terlibat di OSIS untuk mengantisipasi jika terjadi siswa yang sakit, butuh pertolongan yang lainnya selain mengakrabkan antara kakak kelas dan adik kelas.

Penyerahan siswa dari orang tua kepada sekolah



Pengalungan tanda peserta secara simbolik

Dialog dengan orang tua murid






Siswa baru mendengarkan pengarahan dari PJ kelas


Pengurus OSIS yang membantu sekolah sebagai Penanggung Jawab (PJ) Kelas

Dalam kegiatan ini materi yang diselenggarakan antara lain peraturan baris berbaris, proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sholat duha bagi yang muslim dan kebaktian bagi nasrani, delapan standar pendidikan, pengenalan lingkungan sekolah, menyanyikan lagu-lagu wajib nasional, tata krama siswa, motivasi oleh motivator, tadarus bagi siswa muslim, demo kreatifitas tiap kelas, dan demo ekskul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

18 PEJUANG SNMPTN 2017